Police Movie Festival – Lomba Film Pendek 5 Menit

Latar Belakang

Kami melihat ada sesuatu yg berbeda dan aneh di negeri kita. Dimana petugas aparat nya memiliki prilaku yg tidak baik. Hidup ini pilihan, layaknya ying & yang, hitam putih.

Sebenernya antara baik dan buruk. Lebih banyak baiknya. Namun karna orang lebih ingat buruknya. Maka stigma itu muncul dan menjadi labelling.

More...

Melihat seperti itu. Apakah kita biarkan polisi menjadi jahat dan haus kekuasaan. Tentunya tidak.kita bantu mereka berubah kawan2. Sudah saat nya kita rubah polisi menjadi selayaknya polisi yg dibutuhkan kita2. Masih banyak polisi yg baik2 yg harus menularkan efek kebaikan kepada polisi lainnya.

Someday that day will come.

Temukan cerita2 heroik, epik polisi yg baik menurut teman2.namun Polisi sebagai manusia biasa dan polisi yg bisa menginpirasi, bukan kita saja yg terispirasi. Tapi meng inpirasi rekan2 polisi lainnya. Polisi bukan hanya tilang saja. Banyak pekerjaannya yg bisa kita explorasi.

Save police., we help them to better cops.. Genre : bebas, bisa drama,komedi, action, animasi dll....yg penting ada pesan edukasi, kreatifitas, inovatif ,inspirasi di setiap momen cerita tersebut.

Syarat Peserta

  1. Peserta adalah warga negara Indonesia
  2. Peserta berupa kelompok dengan jumlah kelompok tidak dibatasi.
  3. Dapat mengikutsertakan maksimal 2 karya dengan kelompok yang sama atau berbeda
  4. Peserta wajib memahami lomba dan menyepakati seluruh ketentuan lomba.

Pendaftaran

  1. Pendaftaran dan pengumpulan Film dibuka pada 20 Januari 2014 s/d (diperpanjang) hingga 26 maret 2014.
  2. Peserta wajib mengisi form pendaftaran, Form Pertanggungjawaban Orisinalitas Karya dan Form Persetujuan Publikasi dengan hak cipta sepenuhnya milik peserta.
  3. Peserta tidak dipungut biaya
  4. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta apabila peserta terbukti melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan panitia
  5. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Film merupakan hasil produksi sendiri dan bukan hasil karya orang lain
  7. Musik/lagu dan materi lainnya (foto,grafis& lain-lain) tidak melanggar hak cipta. Pelanggaran & gugatan atas hak cipta terhadap karya yang diikutkan dalam kompetisi ada di luar tanggung jawab panitia.
  8. Peserta wajib menyertakan surat pernyataan dari pemegang hak cipta, apabila menggunakan materi non-orisinal
  9. Durasi film maksimal 5 menit termasuk opening dan credit title.
  10. Film yang menggunakan bahasa selain Bahasa Indonesia, wajib memiliki subtitle Indonesia.
  11. Film dikirimkan dalam bentuk 2 buah DVD-Video PAL dan 1 buah DVD Data Film (format avi, mpg, mp4, atau mov)
  12. Menuliskan sinopsis film yang diproduksi (maksimal 300 kata) dalam bentuk PDF
  13. Sinopsis, poster, dan still photo disimpan di dalam keping CD yang terpisah dengan file film
  14. Menyertakan poster digital (ukuran A3) dari film yang dikompetisikan dengan format JPEG
  15. Menyertakan foto copy kartu identitas (Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/kartu tanda penduduk) sebanyak 2 lembar (hanya Produser dan Sutradara).
  16. Panitia paling lambat menerima film beserta kelengkapannya tanggal 26 maret 2014

Peraturan Lomba

  1. Tema Film Pendek/Video yang di lombakan adalalah hope and changeTahun produksi dari tahun 2013.

    Harapan dan perubahan yang terbaik buat polisi.disaat banyak polisi yang tidak baik maka harapan akan polisi yang baik akan terus tumbuh dan berkembang. Dan menjadi kepercayaan bagi masyarakatnya.bantu polisi agar berubah menjadi yang lebih baik dan temukan cerita-cerita polisi yang menjadi inspirasi bagi kita semua.

  2. Merupakan karya orisinil.
  3. Tidak mengandung unsur promosi, SARA, kekerasan dan pornografi
  4. Menggunakan bahasa Indonesia (jika menggunakan bahasa asing atau daerah wajib mencantumkan terjemahan bahasa Indonesia yang jelas, dan mencantumkan nama penerjemah pada subtitle di akhir film). Penerjemah termasuk peserta lomba.
  5. Seragam polisi yang digunakan wajib atribut lengkap dan presisi
  6. Dapat menggunakan handphone untuk merekam film.
  7. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis, dll) yang digunakan dalam film boleh menggunakan milik orang lain selama bersifat bebas atau telah memperoleh izin dari pemilik hak cipta yang bersangkutan.
  8. Hak cipta karya tetap menjadi milik peserta.
  9. Khusus untuk kepentingan publikasi acara, penyelenggara dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh.
  10. Panitia tidak bertanggungjawab apabila di kemudian hari diketahui terdapat gugatan dari pihak lain yang berkaitan dengan film yang dilombakan.
  11. Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan/hadiah yang sudah diberikan
  12. Calon peserta yang sudah melengkapi semua prosedur diatas telah dianggap sebagai peserta.

Alamat Pengiriman Karya:

Panitia Police Movie Festival
Tebet Timur Dalam 7 No 9A, Jakarta Selatan ( Dekat Pasar PSPT)
CP : 0812 79700 333
Kode pos : 12860

Email Panitia :policemoviefestival@gmail.com
twitter update: @policemovie

Juri Police Movie Festival 2014

1. Agung Sentausa (Sutradara)

Agung Sentausa adalah seorang sutradara video klip dan memang penyuka musik. Tak heran jika karirnya sebagai seorang sutradara film diawali dengan judul GARASI. Film tentang anak band yang dibintangi oleh aktor Fedy Nuril ini adalah film pertama yang ia garap. Setelahnya, Agung menghilang dari dunia perfilman selama hampir 5 tahun.

Baru pada tahun 2011 namanya mulai terdengar lagi. Tak tanggung-tanggung, tahun ini dia menggarap dua film, yaitu BELKIBOLANG (segment “Payung”) dan BADAI DI UJUNG NEGERI. Untuk film terakhirnya itu, Agung memang sudah lama memimpikan untuk membuat film tentang perbatasan. Dan baru saat ini lah keinginannya tercapai.

FILMOGRAFI

BADAI DI UJUNG NEGERI (2011) Sebagai Director
BELKIBOLANG (2010) Sebagai Director
GARASI (2005) Sebagai Director
ADA APA DENGAN CINTA? (2001) Sebagai Still Photographer

2. Wahyu Aditya (Owner Hellomotion)

Berkat motto yang senantiasa dipegang erat ini, Wahyu Aditya kini berhasi menjadi seoarang animator ternama di Indonesia. Bahkan, kini ia menjadi pemain utama dalam bisnis desain grafis dan animasi di tanah air.

Nama Adit, sapaan akrabnya, mencuat pertama kali di dunia animasi internasional adalah ketika dewan juri yang terdiri dari pakar film Inggris menobatkannya sebagai International Young Screen Entrepreneur of the Year 2007. Ia berhasil mengalahkan saingan-sainganya yang berasal dari berbagai negara, seperti India, Cina, Brazil, Polandia, Slovenia, Lithuania, Nigeria, dan Lebanon. Dewan juri menilai Adit berhasil memadukan kreativitas, idealisme, dan bisnis di usia yang sangat muda.

Dan dimeriahkan oleh Arie Keriting – Stand Up Comedy

  • willya_ry says:

    Wah..ini baru event bagus 🙂 Siap2 deh buat ikut lombanya. Hadiahnya juga lumayan besar..

  • Badak putih says:

    Dalam film-film mandarin , film barat , apalagi film India , sering ada figur Polisi jahat dan korup. Tapi tidak di Indonesia , Polisi semuanya baik-baik , jujur dan bersih , dalam film .

  • >